skip to main | skip to sidebar

Pages

Tuesday, June 21, 2011

Hebat! Jepang Bikin Komputer Tercepat di Bumi

Hebat! Jepang Bikin Komputer Tercepat di Bumi

Sebuah komputer super Jepang berhasil mendapat gelar komputer tercepat dunia. Komputer ini dipamerkan di ajang International Supercomputing Conference, Senin (20/6).

Komputer K di RIKEN Advance Institute for Computational Science, Kobe, Jepang, ini berhasil mencatat rekor tenaga pemrosesan lebih dari delapan petaflop/detik (perhitungan kuadriliun per detik). Kecepatan ini tiga kali lebih cepat dibanding pesaing terdekat.

Tempat kedua ditempati Tianhe-1A yang dibuat National Supercomputing Center di Tianjin, China. Komputer super ini mampu mencapai kecepatan 2,6 petaflop/detik.

Keberhasilan komputer K menandai pertama kalinya Jepang berhasil mengklaim posisi pertama dalam Supercomputing Top 500 sejak November 2004.

Memiliki cara kerja komputer berlawanan, komputer K memanfaatkan GPU power. Komputer ini sendiri dibuat Fujitsu, dan memuat lebih dari 80 ribu 2GHz SPARC64 VIIIfx CPU. Tiap prosesor memiliki delapan inti dan mampu memberi total pemrosesan inti lebih dari 640 ribu.

Komputer K juga menjadi komputer paling banyak mengonsumsi tenaga, yakni sebesar 9,89 megawatt. Meski begitu seperti ditulis techradar, mengingat output luar biasa, komputer ini masih sukses menempati posisi keempat sistem paling efisien energi.

sumber : INILAH.COM

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...