skip to main | skip to sidebar

Pages

Sunday, May 29, 2011

MVP Bawa Barca Juara, Messi Villa Pedro

Lionel Messi dengan trofi Liga Champions di Wembley. (c) AFP
Lionel Messi

Barcelona meraih gelar juara Liga Champions ke empat dalam sejarah setelah mengalahkan Manchester United pada final di Wembley, Minggu (29/5) dini hari WIB.

Kemenangan ini merupakan ulangan final Liga Champions 2008/09 lalu menghadapi lawan yang sama, saat mereka mengalahkan United 2-0 di Olimpico, Roma, melengkapi tiga gelar Barca sebelumnya di edisi 1991/92, 2005/06, dan 2008/09

Sukses Barca disempurnakan oleh Lionel Messi. Tak hanya mencetak gol pertama di Inggris sekaligus gol kedua Barca ke gawang United, Messi juga menyamai rekor Ruud van Nistelrooy musim 2002/03 sebagai top skor Liga Champions dengan mencetak 12 gol dalam semusim.

Uniknya, tiga gol Barca di Wembley semuanya dicetak oleh trio penyerang mereka dengan inisial MVP, Messi, Villa, dan Pedro.

Pedro membuka kemenangan Barca pada menit 27. Sempat disamakan oleh Rooney, Barca makin mendominasi di babak kedua dengan mencetak dua gol tambahan melalui Lionel Messi di menit 54 dan David Villa pada menit ke-69. Messi sendiri terpilih sebagai man of the match pada final ini.

Baca juga: Kampiun Eropa! Barcelona 3-1 United

Sementara itu Eric Abidal berkesempatan mengangkat trofi Liga Champions sebagai penghargaan pada perjuangan bek asal Prancis itu 72 hari setelah menyelamatkan hidupnya melalui operasi tumor liver.

Kemenangan di Wembley juga menjadi momen spesial kedua untuk pelatih Barca, Pep Guardiola. Bukan hanya membawa timnya meraih gelar Champions kedua, tapi juga mengulang prestasi saat masih aktif bermain saat menjuarai Liga Champions 1992 di Wembley, ketika Barca ditangani oleh pelatih legendaris asal Belanda, Johan Cruyff.

Kemenangan Barca atas United juga menjadi "kemenangan" sepak bola Spanyol di kompetisi tertinggi antar klub Eropa. Total, klub-klub Spanyol telah 13 kali menjuarai Liga Champions (termasuk dulu saat masih bernama Piala Champions), melampaui rekor 12 juara milik tim-tim Italia.

sumber : bola.net

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...