skip to main | skip to sidebar

Pages

Friday, May 20, 2011

Novel Salman Rushdie Dijadikan Film

Salman Rusdhie
Salman Rusdhie

Tanpa banyak publikasi, film adaptasi dari novel 'Midnight's Children' (Anak-anak Tengah Malam) karya Salman Rushdie telah selesai melakukan pengambilan gambar di Sri Lanka. Salman Rushdie menulis sendiri skenario film yang diangkat dari novel "Anak-anak Tengah Malam"

Sutradara Kanada, Deepa Mehta, sengaja mengambil lokasi pengambilan gambar di Sri Lanka, bukan India atau Pakistan yang merupakan setting asli novel tersebut. Hal ini guna menghindari kemungkinan penentangan dari kelompok-kelompok agama.

"Salman Rushdie pernah bermasalah dengan kelompok-kelompok Islam. Saya pernah bermasalah dengan kelompok-kelompok Hindu," kata Mehta kepada koran Kanada The Globe and Mail yang diberi akses menyaksikan pengambilan gambar di Sri Lanka.

Kantor berita AFP mengatakan semua aktor dan awak film menandatangani perjanjian untuk tidak berbicara mengenai proyek film ini kepada pihak luar selama pengambilan gambar dilakukan. Namun, pembuatan film ini bocor dan muncul keberatan dari Iran. Pihak yang mengeluarkan izin di Sri Lanka kemudian meminta Mehta menghentikan pembuatan film tersebut.

Pada 1989, rezim Iran mengeluarkan fatwa hukuman mati untuk Rushdie karena menulis novel "Ayat-ayat Setan" yang memaksanya meminta perlindungan polisi Inggris selama bertahun-tahun.

Mehta mengajukan banding ke Presiden Mahinda Rajapakse yang kemudian memutuskan pengambilan gambar bisa diteruskan.

sumber : REPUBLIKA.CO.ID

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...