skip to main | skip to sidebar

Pages

Monday, March 7, 2011

Khasiat Minyak Dara (Virgin Coconut Oil-VCO)

VCO (Virgin Coconut Oil) adalah minyak dari daging buah kelapa (cocos nucivera) yang diolah dengan proses pemisahan alami tanpa pemanasan. Kajian tentang VCO sudah ramai dilakukan oleh para peneliti di Eropa dan Amerika sejak awal 1990-an. Sejak saat itu, telah diketahui bahwa VCO mengandung asam lemak jenuh yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dari keseluruhan senyawa asam lemak VCO, terdapat kandungan asarn laurat (lauric acid) sebesar 45 hingga 55 persen.

Asam laurat adalah jenis asam lemak rantai sedang yang dapat berfungsi sebagai antikuman karena bersifat melunturkan lapisan atau selongsong lipida yang dimiliki oleh virus, bakteri, dan berbagai organisme mikro yang menjadi kuman penyakit pada manusia. Jadi, senyawa dalam VCO mampu menjadi antikuman yang mujarab. Tidak heran jika akhir-akhir ini penawaran VCO dengan berbagai merek dagang gencar di pasaran.

Sifat kekentalan (viscositas) VCO sangat cocok untuk kulit bayi. Aroma sedapnya (aroma kelapa) dapat digunakan sebagai fungsi aroma terapi yang menenangkan bayi. Khasiat VCO bagi kulit adalah melembapkan, mengencangkan, dan membunuh beberapa jenis kuman yang menjadi penyebab penyakit kulit. Pemijatan bayi dengan VCO sangat baik karena dapat merawat kulit bayi dan merupakan kosmetika alami tanpa efek samping. Selain itu, VCO beraroma kelapa segar cukup tahan lama.

sumber : http://fkunhas.com/

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...