skip to main | skip to sidebar

Pages

Tuesday, April 26, 2011

Preview: Schalke vs Manchester United

Ralf Rangnick, mampukah membawa Schalke membuat kejutan kedua
Ralf Rangnick

Manchester United melawat ke Veltins Arena hari Rabu (26/4) dini hari WIB menghadapi tim yang tak bisa diprediksi, Schalke 04, pada semifinal leg pertama Liga Champions.

Royal Blues -julukan Schalke- memang sulit diprediksi musim ini. Mereka berjuang di papan bawah sepanjang putaran pertama Bundesliga. Namun di Liga Champions, Raul Gonzalez dkk secara fantastis melaju ke semifinal dengan menyingkirkan juara bertahan Inter Milan.

Di ajang domestik lainnya, Piala Jerman, Schalke melaju ke final dengan menyingkirkan favorit juara Bayern Munich di Allianz Arena. Namun di liga domestik (lagi-lagi) Schalke tak meyakinkan. Akhir pekan lalu mereka kalah 0-1 di kandang sendiri dari Kaiserslautern.

Namun sebagai tim yang "tak bisa diprediksi", Schalke benar-benar tampil mengejutkan. Tak ada yang mengira mereka mencetak lima gol di kandang Inter. Bukan tak mungkin tim "medioker" di Bundesliga ini kembali mengejutkan sekaligus meneruskan tradisi tim-tim Jerman atas Manchester United.

Ya, sejak Borussia Dortmund menjuarai Liga Champions tahun 1997, setiap tim Jerman yang menyingkirkan United pada fase knock out selalu lolos ke final, meski tak selalu juara.

Perjalanan Schalke juga tak hanya mengejutkan di atas lapangan. Mereka belum lama ini mengganti pelatih Felix Magath dengan pelatih baru -tapi lama- Ralf Rangnick. Di tangan Rangnick, Schalke menunjukkan tren positif. Meski peluang naik ke papan atas Bundesliga hampir pasti tertutup, asa meraih double winner tetap terjaga.

Manchester United lebih diunggulkan. Dari materi pemain, pengalaman tim, dan reputasi Eropa jelas Setan Merah unggul jauh dari sang lawan. Sir Alex Ferguson menatap semifinal ketujuh dalam kepelatihannya bersama United. Tiga kali ia melaju ke final, tiga kali gagal.

Mental United juga sedang tinggi-tingginya. Mereka kini memegang kunci juara Premier League. Makin produktifnya Javier "Chicharito" Hernandez didukung performa menanjak Wayne Rooney, Nani, serta kembalinya Antonio Valencia. Belum termasuk winger veteran Ryan Giggs yang seperti menemukan kembali permainan terbaiknya di usia 37 tahun.

Schalke menghadapi deretan cedera pemain jelang lawan United. Bek tangguh Benedikt Howedes diragukan tampil menyusul daftar cedera pemain lainnya yakni Peer Kluge, Klaas-Jan Huntelaar, Christian Pander, Mario Gavranovic, Christop Moritz dan Tim Hoogland.

Kondisi United lebih bugar. Saat mengalahkan Everton akhir pekan lalu, Sir Alex Ferguson menyimpan sejumlah pemain inti. Nemanja Vidic, Patrice Evra dan Ryan Giggs kemungkinan akan kembali ke starting lineup lawan Schalke. Dua pemain yang dipastikan absen adalah Dimitar Berbatov dan Darren Fletcher.

Keuntungan bermain di kandang akan dimanfaatkan Schalke untuk menampilkan permainan penuh determinasi khas Bundesliga untuk mengejar kemenangan pada leg pertama. Hasil imbang akan sangat menguntungkan United, apalagi bila Rooney dkk mampu mencetak gol di kandang lawan.

Laga Schalke vs Manchester United akan disiarkan langsung RCTI pada Rabu (27/4) dini hari pukul 01.45 WIB.

Prakiraan susunan pemain:

Schalke: Neuer; Uchida, Metzelder, Howedes, Sarpei; Baumjohann, Matip, Papadopoulos, Jurado; Edu, Raul

Manchester United: Van der Sar; Rafael, Ferdinand, Vidic, Evra; Nani, Carrick, Giggs, Park; Rooney, Chicharito

sumber : bola.net

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...